konekin AP Mikrotik dg NS2 make WEP security



Pengalaman di kantor eang lama, gw masang backbone P2P make AP Mikrotik di sisi NOC dan NS2 (Nano Station 2) di sisi Klien. gak tau knapa.. link gak mau2 up. padahal jarak nya cuma 1 km dg situasi landofside. Udah gw coba maksimalin setingan kedua radio dan pointing antena, tapi teteup aja gak mau. pas kejadian ini w make settingan "wds" (krn hanya settingan ini yg w tau untuk konfigur AP Mikrotik, dapet dari mikrotik.co.id).

Tapi setelah kemaren dapet proyek di kantor eang baru, masang backbone yg sama juga di salah satu Puspem Klungkung Bali (Mikrotik di sisi Dshub dan NS2 di sisi Dinas pertanian), eh ternyata mau konek...... akhirnya w dapetin juga... knapa tuh Mikrotik gak mau konek ama NS2 di kantor eang lama. itu karena kemaren w make settingan wds, di mana sebenarnya di NS2 sendiri gak ada konfigurasi untuk WDS'an.... (di MT di seet WDS, di NS2 kaga support kaga ada WDS... yaa ga mau ketemu lah... hee,.). ternyata ada cara lain untuk konfigurasi AP Mikrotik selain WDS, yakni setting security nya dg WEP.

ntinya, jika mau masang link make Mikrotik ketemu NS2, ga bakal konek jika make konfigurasi WDS'an. Caranya adalah, menyamakan konfigurasi WEP scurity antara si AP Mikrotik dengan NS2 itu sendiri.

sori, di sini kaga gw lampirkan konfigurasi detailnya, alna kebetulah ga ada capture nya brur... ntar dah gw post konfigurasinya secara terperinci.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment