Tips Mengelola Homepage

Papan Web tak sekedar dibuat, asal bisa tampil di Internet saja. Ada beberapa pertimbangan, yang antara lain harus bisa mencerminkan adanya sentuhan selera bisnis di dalamnya. Bagaimana mengukurnya, ada lima kriteria penting, yang masing-masing kriteria memiliki beberapa buah fitur. Setidaknya, fitur-fitur itulah yang harus terdapat dalam desain Web Anda.

Pertama, soal isinya. Sudah cukupkah informasi tesedia mengenai perusahaan, produk yang diperdagangkan, serta artikel-artikel informasi atau promosi yang mendukung cerminan kualitas dan reputasi bisnis dan produk Anda?

Dua, ketersediaan link-link, yang bisa di-klik oleh pembaca yang mengantarkan mereka untuk memperoleh informasi-informasi tambahan yang mendukung, atau papan-papan Web di mana komunitas para pelanggan atau bisnis sejenis berkumpul. Referensi ini dimaksudkan untuk menunjukkan kapasitas perusahaan dan produk-produk Anda yang benar-benar memenuhi syarat.

Tiga, interaksi dengan pelanggan. Apakah Web Anda sudah menyediakan sarana komunikasi via e-mail jika ada peremajaan terhadap informasi dalam papan Web Anda? Juga bila ada aktivitas-aktivitas temu fisik, dalam bentuk forum, seminar dan presentasi, layanan dukungan penjualan, serta pemberitahuan otomatis kepada pelanggan jika ada hal-hal baru?

Empat, apakah papan Web Anda memberikan cukup informasi bagi kepentingan mitra bisnis, pemasok, pemegang saham, karyawan, agen dan distributor, penjual eceran, wiraniaga, serta pelanggan?

Lima, kapabilitas e-commerce. Bisakah papan Web Anda menjadi sarana pemesanan secara online, mengirimkan spesifikasi produk yang hendak dibeli. Juga mesti menyediakan formulir isian secara online untuk karakteristik produk, serta formulir penawaran, formulir untuk menyatakan kualifikasi pelanggan, atau hal-hal lain yang biasa terjadi dalam transaksi-transaksi bisnis. Itu adalah kriteria-kriteria dasar, yang memerlukan penyesuaian jika hendak diterapkan, agar sesuai dengan lingkup bisnis yang berbeda-beda. Namun, sebagai kriteria dasar, tetap memiliki relevansi dengan berbagai jenis industri yang saat ini ada.

Sebuah papan Web industri tertentu bisa membuat pola tertentu yang menjadi referensi efektif yang dimaksudkan untuk mampu memenuhi keinginan dari pelanggannya. Sebaik pola referensi tersebut terbentuk, maka fitur-fitur baru bisa dengan mudah ditambahkan pada papan Web tersebut.

Sebuah pola referensi yang baik akan memiliki kandungan isi seimbang sehingga berbagai kebutuhan para pemegang saham dapat terpenuhi secara efektif. Sementara yang sering terjadi, papan Web dirancang hanya untuk memenuhi kebutuhan satu dua pemegang saham saja. Cukup banyak papan Web yang memiliki tak lebih dari satu halaman saja. Kondisi tersebut boleh jadi cocok untuk dua-tiga tahun silam. Dalam lingkungan yang sedemikian kompleks seperti saat ini, rasanya sudah tak sesuai. Sebuah pola referensi papan Web yang bagus hanya membantu memperoleh kesuksesan, tetapi tak pernah menjamin bahwa sukses itu pasti tercapai. Tak sedikit yang mengira, bahwa dengan sudah dimilikinya sebuah pola referensi tertentu sudah akan membuat papan Web mereka akan mendukung bisnis yang dijalankannya. Kriteria yang mendasari penerapan selera bisnis pada sebuah papan Web tak akan pernah berhenti. Di tengah teknologi Internet yang berkembang sangat cepat, maka kriteria-kriteria sebuah Web agar berhasil mengalami perubahan hampir setiap hari. (edp)

Sumber : http://www.geocities.com/webjurnal/juni2000/khpage.html

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment